Pemdes Sumber Garunggung Wanti-Wanti Investor, Harus Bisa Hargai Adat (Hukum Adat) Setempat - tabloidmilitan.com - Media Informasi Lintas Kalimantan

Breaking

4/24/2021

Pemdes Sumber Garunggung Wanti-Wanti Investor, Harus Bisa Hargai Adat (Hukum Adat) Setempat

Bartim /// www.tabloidmilitan.com
Pemdes Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah ingatkan berbagai pihak, terutama para investor yang berinvestasi atau beraktivitas di sekitaran wilayah hukum Desa Sumber Garunggung, untuk lebih menghargai adat (hukum adat), adat istiadat setempat.


Sebagaimana disampaikan oleh Supardi Kades Sumber Garunggung kepada awak media online ini, agar para invertor yang masuk ke wilayah hukum Desa Sumber Garunggung, bisa lebih menghargai adat (hukum adat) di desa, untuk menghindari persoalan-persoalan yang sejatinya tidak perlu terjadi (04/2021).


Makanya kami berkeinginan untuk penguatan Adat atau Hukum Adat di desa, karena dengan adanya adat (hukum adat) yang kuat akan menjadi salah satu faktor penentu atau salah satu kunci hidup sosial bermasyarakat, bisa berjalan dengan normal dan baik, ungkapnya.


Kenapa harus di mulai dari Desa...???, lantaran Desa merupakan leding sektor dalam kehidupan sosial bermasyarakat yang lebih besar, yakni berbangsa dan bernegara, ucapnya lagi sedikit bertanya sekaligus memberi jawaban.


Disamping itu, kenapa juga harus dikuatkan pada desa...???, itu lantaran tiap-tiap atau masing-masing desa memiliki adat atau hukum adat yang berbeda-beda antara satu desa dengan desa yang lainnya, jelasnya lagi.


Makanya ada pepatah yang berbunyi, Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Harus Di Junjung, hal itu menjelaskan bagaimana hukum di suatu tempat dengan tempat lain sejatinya berbeda, namun hakekat tujuannya adalah untuk mengatur hubungan sosial kemasyarakatan yang lebih baik lagi, saling menghargai satu dengan lainnya, ungkapnya menjelaskan.


Makanya dengan hal tersebut, kami berharap dengan para investor-investor dari luar yang ingin berinvestasi di wilayah hukum Desa Sumber Garunggung, agar bisa menghargai adat istiadat disini, bisa menghargai masyarakat yang ada disekitar, sehingga kedepannya suasana iklim investasi bisa berjalan dengan baik dan dalam hubungan yang saling menguntungkan satu dengan lainnya, pungkasnya seraya mewanti-wanti salah satu perusahaan yang beraktivitas mengunakan jalan Desa Sumber Garunggung tanpa pernah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemdes Sumber Garunggung. (Tim SIK-TM/H. Indra Sy. Ikat/Rediansyah Sy. Ikat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar