Hikmah Dibalik Pandemi Covid-19, Di SDN 3 Tamiang Layang - tabloidmilitan.com - Media Informasi Lintas Kalimantan

Breaking

4/24/2021

Hikmah Dibalik Pandemi Covid-19, Di SDN 3 Tamiang Layang

Bartim /// www.tabloidmilitan.com

Pandemi covid-19 yang melanda dunia, tak terkecuali Bangsa Indonesia dan salah satunya kota Tamiang Layang ibukota Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, namun begitu ada hikmah di balik musibah ini.


Sebagaimana di ungkap oleh Siono, S.Pd, M.M Kepala SDN 3 Tamiang Layang kepada para awak media yang menyambangi ruang kerjanya, mengatakan bahwa walaupun wabah atau pandemi virus covid19 ini, begitu menakutkan dan banyak memakan korban, juga merubah semua tatanan hidup namun dibalik semua itu masih ada hikmah atau sisi positifnya bagi kita semua, jelasnya (04/2021).


Salah satu sisi positifnya, kita mulai menyadari akan pentingnya arti menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan, dulu kita jarang cuci tangan, saat ini kita selalu menjaga kebersihan tangan, begitu juga dengan keadaan lingkungan, saat ini kemana-mana kita selalu mengunakan masker, ungkapnya.


Begitu juga untuk dunia pendidikan, beberapa hikmah atau sisi positifnya, seperti dalam hal penguasaan teknologi elektronik, dulu kita tidak begitu memperhatikan teknologi elektronik atau komunikasi melalui android, sekarang ini kita semua, baik para guru-guru ataupun anak-anak murid dipaksakan harus bisa dan menguasai hal itu, karena suka tidak suka, mau tidak mau, harus bisa lantaran kegiatan belajar mengajar saat ini banyak mengunakan teknologi itu, yakni sistem daring dan luring, tambahnya lagi.


Sama halnya dengan administrasi kepegawaian, mengharuskan kita harus menguasai teknologi digital tersebut, misalnya untuk melakukan kegiatan rapat melalui media zoom atau kegiatan virtual, dan media lain sebagainya, jelasnya ramah.


Begitu juga dengan hubungan atau komunikasi antara murid dengan orang tua/wali murid, semenjak pembelajaran melalui sistem online ini, sebagian besar bertambah baik dan harmonis, lantaran pada saat anak belajar dirumah sangat diperlukan pendampingan orang tua/wali murid, padahal sebelum pandemi hampir semua kebutuhan pendidikan atau kegiatan belajar mengajar anak, diserahkan semuanya ke pihak sekolah, katanya lagi seraya tersenyum tipis.


Namun begitu, walaupun banyak hikmah dibalik musibah pandemi covid19 ini, jauh lebih baik bila pandemi ini cepat berlalu, sehingga kegiatan belajat mengajar (KBM) dapat kembali normal kembali, dengan belajar secara tatap muka, lantaran tingkat pencapaian mutu pendidikan jauh lebih baik dilakukan dengan cara tatap muka berbanding dengan online, pungkas Siono bersemangat seraya berharap. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Nedhy Ross Sy. Ikat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar