Kadis Nakertrans Kab. Barsel Sarankan Para Kades Untuk Masukan Program Peningkatan Sumber Daya Manusia Sebagai Salah Satu Program Prioritas Desa - tabloidmilitan.com - Media Informasi Lintas Kalimantan

Breaking

2/16/2021

Kadis Nakertrans Kab. Barsel Sarankan Para Kades Untuk Masukan Program Peningkatan Sumber Daya Manusia Sebagai Salah Satu Program Prioritas Desa

Insert. Agus In'Yulius, ST, MT Kadis Tenaga Kerja Dan Transmigrasi
Kab. Barito Selatan (doc. Lsm Senator 2000)


Barito Selatan /// www.tabloidmilitan.com

Kadis Nakertrans (Tenaga Kerja Dan Transmigrasi) Kabupaten Barito Selatan Agus In'Yulius, ST, MT sarankan para Kades (Kepala Desa) se-Barito Selatan agar menjadikan program peningkatan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu program prioritas desa.


Sebenarnya peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu yang sangat penting dalam pembangunan desa dan hal ini bisa menjadi program prioritas desa sesuai dengan salah satu peruntukan dana desa yakni pemberdayaan, kata Agus In'Yulius, ST, MT Kadis Nakertrans kepada awak media (15/02/2021).


Karena pembangunan di suatu desa tidak hanya sebatas pembangunan fisik saja, namun juga harus membangun sumber daya manusianya juga, kata Agus sapaan akrab Kadis Nakertrans menambahkan.


Hal ini keterkaitannya seiring dengan daya saing dan mutu dalam dunia usaha yang semakin meningkat, dimana dunia usahakan akan mengutamakan karyawan yang memiliki skill (keahlian) dengan sertifikasi, ungkapnya lagi.


Jadi jangan sampai masyarakat terutama masyarakat di desa yang berada di sekitar wilayah perusahaan-perusahaan swasta, baik perusahaan pertambangan ataupun perkebunan, hanya sebagai penonton atau hanya sekedar sebagai pekerja non skill (karyawan biasa) akibat tidak memiliki keahlian di bidang-bidang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan tersebut, hingga akhirnya karyawan dengan keahlian khusus harus didatangkan dari luar desa ataupun luar daerah, jelasnya.


Padahal sesuai dengan aturan, salah satu kewajiban perusahaan adalah mengakomudir masyarakat disekitar wilayah kerja perusahaan, namun lantaran hal itu, suka tidak suka akibatnya masyarakat sekitar banyak yang menjadi penonton atau sekedar jadi pekerja biasa saja, tambahnya menyayangkan.


Makanya kami menyarankan untuk para Kades se-Barito Selatan untuk menjadikan program peningkatan sumber daya manusia sebagai salah satu program prioritas di desa dan dalam hal ini, kami dari Dinas Nakertrans siap memfasilitasi desa untuk mengadakan pelatih-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, pungkasnya semangat. (Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Chandra I. Sy. Ikat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar